5 Model Pintu yang Match untuk Desain Rumah Minimalis

Model Pintu yang Match untuk Desain Rumah Minimalis

Hunian impian yang aman dan nyaman tentu didukung dengan desain menarik. Untuk rumah minimalis, sebaiknya terapkan desain yang sesuai untuk menambah kenyamanan ruang yang memang lebih sempit. Kebutuhan tersebut terjawab dengan desain rumah minimalis yang unik. Dengan beberapa model pintu ini, semua bagian rumah minimalis bisa makin match.

  1. Sliding Doors

Model pertama yang direkomendasikan untuk pintu rumah minimalis adalah sliding doors atau pintu geser. Pintu ini sangat pas diterapkan untuk ruangan yang lebih luas atau ruang utama, seperti ruang tamu, ruang makan, atau ruang terbuka di bagian dalam rumah. Selain ruangan jadi lebih terbuka, tidak akan ada area yang terhalang ketika pintu dibuka.

Sistem buka tutup pada model pintu geser ini menggunakan rel sejajar dengan dinding rumah. Bahan baku penyusun sliding doors ini juga bermacam-macam, di antaranya adalah kayu, metal, pipa besi, aluminium, uPVC, dan lain sebagainya. Mengenai ukuran pintu, Anda bisa menyesuaikan dengan luas ruangan dan dinding rumah.

  1. Folding Doors

Model pintu yang kedua adalah folding doors atau pintu lipat yang mampu menghemat ruang, sehingga cocok untuk ruang minimalis. Selain menghemat ruang, sistem buka tutup yang mudah bisa meringankan Anda. Bahkan, ruangan akan terkesan lebih luas ketika dinding ruang depan dipenuhi dengan pintu lipat berupa kaca. ruangan akan lebih terang karenanya.

Kesan futuristik juga tergambar pada folding doors dari kaca tersebut. Untuk bagian tepi pintu lipat kaca, Anda bisa menggunakan kayu atau metal yang di-finishing, sehingga bisa mendukung keindahan desain rumah minimalis. Anda bisa memilih cat yang sesuai dengan tema ruangan ataupun warna netral agar mudah dikombinasikan dengan warna lainnya.

  1. Pintu Jeruji

Pintu jeruji juga pas diterapkan untuk rumah minimalis karena terkesan simpel. Model pintu jeruji juga sangat menarik untuk mendukung keindahan rumah minimalis. Pintu ini bisa dibuat dengan garis horizontal ataupun vertikal. Bahan penyusunnya dapat berupa kayu ataupun logam dengan ukuran pintu yang bisa disesuaikan dengan tinggi dinding rumah.

Kesan lebih menarik dari pintu ini dapat diwujudkan apabila membuat jarak atau interval antar jeruji dibuat lebih rapat. Pilihan warna yang digunakan pada pintu ini umumnya adalah warna asli dari bahannya, misalnya berwarna cokelat jika terbuat dari kayu dan hitam jika terbuat dari logam. Akan tetapi, Anda bisa menerapkan warna berbeda dengan mengecatnya.

  1. Pintu Fullblocked

Desain rumah yang minimalis akan lebih memukau dengan pintu fullblocked. Pintu ini mempunyai bidang yang semuanya tertutup penuh oleh salah satu material penyusunnya ataupun kombinasi.

Sebagai contoh, pintu yang semuanya tertutup oleh kayu, besi, atau uPVC. Jadi, pintu ini tidak transparan. Dalam hal ini, Anda bisa pilih warna atau motif menarik. Untuk pintu kayu, coba terapkan ukiran dengan motif yang menarik demi menghasilkan nuansa baru pada desain rumah.

  1. Pintu Kaca

Rekomendasi pintu terakhir adalah pintu kaca yang terkesan lebih modern atau futuristik. Dengan pintu kaca, Anda bisa membuat ruangan lebih terang, lebih luas, serta bisa hemat ruang dengan dibuat folding doors atau sliding doors. Kombinasi model pintu ini sangat fleksibel dan bisa menjadi solusi desain fresh untuk ruang minimalis.

Beberapa model pintu yang match untuk rumah minimalis tersebut adalah solusi hunian minimalis yang nyaman. Sisi menariknya dapat berasal dari beberapa model pintu tersebut. Aneka model pintu yang hemat ruang tersebut sangat pas untuk rumah minimalis. Anda bisa  pilih model pintu yang paling sesuai demi desain rumah minimalis yang optimal.

Author: admin