Cara Efektif Mengatasi Kelelahan Selama Kehamilan

Berolahraga yang lembut, suplementasi zat besi, tidur yang cukup adalah cara yang aman untuk membantu para ibu mengatasi lelah.

Kelelahan selama kehamilan lebih umum terjadi pada wanita hamil, beberapa di antaranya adalah kondisi kehamilan normal, tetapi juga bisa menjadi gejala dari beberapa kondisi serius seperti anemia, hipotiroidisme atau diabetes. Jadi, temui dokter Anda jika Anda merasa cemas tentang kesehatan Anda selama kehamilan untuk mengurangi risiko pendeteksian terlambat.

Jika kelelahan hanyalah efek samping ketika hamil, ada banyak cara aman dan mudah yang dapat diterapkan ibu untuk menambah energi tubuh. Ibu silahkan simak tips berikut ini!

Cara efektif mengatasi kelelahan selama kehamilan

Tidur nyenyak

Tidur nyenyak akan membantu ibu menjadi penuh energi saat bangun tidur. Banyak ibu sering mengeluh bahwa mereka sering kurang tidur selama kehamilan, tetapi untuk memiliki tidur malam yang baik tidak sesulit yang Anda pikirkan.

Buat kebiasaan baik sebelum tidur, seperti mandi air hangat, minum minuman hangat atau segelas susu, atau membaca buku favorit. Ini adalah kegiatan yang bagus untuk membantu ibu Anda bersantai, rileks dan tertidur lelap.

Usahakan kamar tidur hanya digunakan untuk tidur

Ibu harus memindahkan komputer dan televisi mereka ke tempat lain, elektronik, pekerjaan akan menstimulasi faktor-faktor yang ibu tidak bisa benar-benar rileks. Gunakan tirai atau kelambu di kamar tidur atau tidur hanya dengan menggunakan lampu kecil dengan cahaya lembut jika ibu tidak terbiasa tidur dalam gelap. Dan pastikan untuk memiliki bantalan yang nyaman untuk tidur dengan nyenyak, tanpa mempengaruhi tubuh ibu setelah bangun tidur. Suhu ruangan juga akan mempengaruhi tidur, 18-20 derajat C adalah suhu ruangan yang ideal untuk membantu ibu tidur dengan nyenyak, ingat untuk menempatkan mangkuk air atau gunakan pelembab udara untuk menghindari kulit kering saat menggunakan AC.

Saat hamil, terutama ibu hamil pertama, ada banyak hal yang perlu dikhawatirkan ibu,seperti kondisi janin sehat, apa yang ibu harus makan, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipersiapkan untuk merawat bayinya. Kekhawatiran ini bisa membuat ibu tidak bisa tidur semalaman dan sulit tidur. Dianjurkan bagi ibu untuk membuat daftar kekhawatiran yang ibu miliki selama kehamilan, temui dokter untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. Hanya ketika sang ibu tidak sibuk dan tidak berpikir terlalu banyak, tidur yang baik akan mudah ibu lakukan. Ibu akan bangun dengan penuh energi setelah tidur malam yang nyenyak.

Istirahat total

Kunci untuk mendapatkan istirahat yang cukup adalah belajar bagaimana mengatakan tidak, terutama ketika Anda masih bekerja, tidak membawa pekerjaan rumah, tidak bekerja lembur dan berusaha untuk tidak bekerja jauh ketika hamil, Ibu juga harus memanfaatkan istirahat makan siang untuk tidur siang, hanya 30 menit tidur siang ibu yang telah memulihkan kesehatan untuk melanjutkan pekerjaan sore. Ibu juga tidak boleh melakukan pekerjaan rumah, tugas penting Ibu hari ini adalah istirahat, persiapan psikologis, kesehatan untuk memastikan perkembangan janin yang sukses. Jadi tolong minta kerabat atau saudara Anda untuk berbagi pekjaan rumah dengan Anda untuk memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat.

Makan sehat

Diet sehat dengan makanan kaya zat besi seperti, daging merah, telur, ikan sarden dan kacang-kacangan akan membantu ibu mengatasi rasa lelah selama kehamilan. Wanita hamil sering memiliki kadar zat besi yang rendah, yang membuatnya mudah bagi ibu untuk merasa lelah. Dalam hal ini, dokter akan meresepkan resep suplemen zat besi, ingat untuk minum seperti yang diarahkan oleh dokter Anda untuk hasil terbaik.

Ibu harus makan sarapan dengan makanan berserat tinggi seperti gandum, gandum utuh, nasi dan roti. Makanan ini membantu ibu menjaga energi lebih lama daripada makanan kaya gula dan makanan tersebut juga efektif dalam mengurangi gejala sembelit yang sering dialami selama kehamilan.

Suplementasi besi

Cara mudah untuk mengonsumsi suplemen zat besi adalah dengan mengonsumsi suplemen zat besi, setrika cair yang aman bagi ibu Anda untuk digunakan selama kehamilan. Obat ini sering dikombinasikan dengan asam folat, vitamin B6, vitamin B12 yang sangat penting untuk kesehatan ibu, membantu ibunya yang penuh energi.

Batasi teh dan kopi

Ketika lelah, kemungkinan ibu akan mendambakan secangkir kopi. Tetapi banyak penelitian telah menunjukkan bahwa tanin ditemukan dalam teh dan kopi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Jadi ibu tidak boleh mengonsumsi lebih dari 300mg kafein sehari. Sebaliknya, ibu harus minum jus jeruk, jeruk mengandung vitamin C membantu membantu tubuh untuk menyerap zat besi atau teh herbal, teh mint mendukung pencernaan, jahe mengurangi mual atau teh chamomile akan membantu Ibu rileks.

Minum buah dan sayuran

Smoothie buah dan sayuran membantu meningkatkan energi langsung tubuh. Segar atau dingin, sedikit susu dan madu adalah ibu memiliki minuman lezat yang baik untuk kesehatan. Selain vitamin, jangan lupa minum air putih, Anda perlu minum setidaknya 1,5 liter air sehari untuk menjaga kelembaban bagi tubuh.

Latihan menari ringan

Menari dengan musik lembut akan membantu ibu mengatasi kelelahan. Para ahli telah menemukan bahwa wanita hamil yang berolahraga sambil mendengarkan lagu favorit mereka merasa rileks dan dapat menghilangkan lelah serta mendapatkan hasil latihan yang lebih baik. Selain itu, mendengarkan musik klasik, lembut sebelum tidur juga membantu tubuh ibu menjadi rileks, mudah untuk memiliki tidur yang baik.

Pijat

Gerakan pijat yang lembut tidak hanya membantu ibu menenangkan leher, sakit otot, sakit punggung dan membantu sirkulasi darah lebih baik tetapi juga memberikan perasaan rileks, membebaskan ibu dari kelelahan. Untuk keselamatan ibu dan bayi, yang terbaik adalah mencari terapis pijat profesional. Namun, jika Anda tidak bisa pergi ke spa, Anda bisa melakukan pijatan lembut dengan bantuan kerabat. Perhatikan bahwa ibu hanya harus melakukan pijat relaksasi dengan gerakan pijat, menggosok, peregangan lembut dan benar-benar tidak membuat akupresur untuk menghindari kontraksi. Dua area sensitivitas yaitu dada dan perut juga sebaiknya tidak dipijat karena akan menciptakan kontraksi uterus.

Yoga

Yoga, berjalan atau berenang sangat bagus untuk bersantai, meningkatkan daya tahan dan fleksibilitas untuk tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan rasa sakit. Anda harus mengikuti kursus yoga untuk mengetahui postur yang tepat untuk wanita hamil serta memiliki kesempatan bagus untuk berkenalan dengan wanita hamil lainnya, untuk berbicara dan berbagi pengalaman untuk kehamilan yang sehat.

Author: editor